logo menu diet ketogenik

Ebook 3 Minggu Variasi Menu Diet Keto nan Lezat khusus disajikan buat Anda

Persembahan khusus untuk Anda yang baru memulai diet Keto dan masih bingung dalam menjalankannya dan menyusun menu sehari-hari. Ebook ini disusun berdasarkan pengalaman penulis baik dalam menjalankan diet Keto ataupun memasak menu sehari-hari.  

Ayam Suwir Sambal Matah Bali

Ayam Suwir Sambal Matah Bali

Ayam Suwir Sambal Matah Bali – Menu ini merupakan menu favorit saya. Dulu tiap kali ibu saya membuatkan masakan ini, saya bisa nambah dan nambah lagi makannya. Aroma dari paduan ayam, bawang dan terasinya sangat wangi dan menggoda selera, apalagi kalau ditumis sebentar.

Sambal matah memang paling enak bila dimakan dengan ayam suwir. Apalagi bila dimakan dengan nasi pulen yang panas, bisa lupa mertua kata orang jaman dulu 😀

Bahan utamanya adalah ayam goreng yang disuwir, dicampur dengan sambel matah dari bawang merah, cabe dan terasi. Bisa juga dicampur dengan irisan serai atau kecombrang. Sebelumnya saya sudah membahas tentang resep sambal matah asli bali di artikel sebelumnya. Caranya sangat sederhana, saya yakin semua orang pasti bisa membuatnya.

Untuk mendapatkan rasa yang lebih enak, ayam bisa dipanggang terlebih dahulu. Bisa juga digoreng terlebih dahulu, kemudian disuwir-suwir kecil dengan tangan. Lumuri ayam dengan garam sebelum digoreng.

Resep ayam goreng sambal matah pada gambar memanfaatkan ayam panggang yang tersisa banyak dan juga sambal matah yang tersisa sebelumnya. Saya tinggal menyuwir ayam dan mencampurkannya dengan sambal matah yang sudah ada, kemudian saya tumis sebentar.

ayam-suwir-sambal-matah

Cara Membuat Ayam Goreng Sambal Matah

Bahan-bahan :

1/2 bagian daging dada ayam

20 siung bawang merah, iris tipis

3 – 10 batang serai bila suka (bisa juga diganti kecombrang / konje), iris tipis

10 cabe rawit merah, iris tipis

1 buah terasi, bakar

1 buah jeruk limau

Minyak kelapa asli (klentik) lebih bagus

Garam secukupnya

Cara memasak :

  1. Cuci bersih dada ayam, lumuri dengan garam, biarkan sebentar agar meresap.
  2. Goreng ayam dengan minyak agak banyak, tiriskan.
  3. Setelah dingin,  suwir-suwir daging ayam menjadi bagian kecil, sisihkan.
  4. Buat sambal matah dengan cara mencampur terasi bakar, garam, cabe rawit merah, minyak kelapa, kemudian di-“bejek” atau diremas-remas dengan  bawang merah dan serai atau kecombrang. Setelah rata  terakhir perasi dengan jeruk limau dan campurkan kulit jeruk hasil perasan jeruk limau ke dalamnya.
  5. Campur ayam suwir dengan sambal matah sampai rata. Saya lebih suka bila ditumis sebentar di minyak panas.

Resep ayam goreng sambal matah ini bisa diganti dengan ikan tongkol suwir. Rasanya tidak kalah lezat. Caranya hampir sama, ikan tongkol digoreng sebentar kemudian disuwir dan dicampur sambal matah. Telur rebus juga enak bila diremas dengan sambal matah. Selamat mencoba 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ketut Mahendri
Saya Ketut Mahendri, sarjana Teknik Kimia dan ibu dari 3 orang anak. Saya praktisi diet Ketogenic, senang mengexplore berbagai masakan keto friendly yang saya tuangkan ke dalam ebook ini. Semoga ebook sederhana ini bisa membantu menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan gaya hidup sehat rendah karbohidrat/diet Ketogenic..
Ketut Mahendri
Ketofy Kitchen Owner