logo menu diet ketogenik

Ebook 3 Minggu Variasi Menu Diet Keto nan Lezat khusus disajikan buat Anda

Persembahan khusus untuk Anda yang baru memulai diet Keto dan masih bingung dalam menjalankannya dan menyusun menu sehari-hari. Ebook ini disusun berdasarkan pengalaman penulis baik dalam menjalankan diet Keto ataupun memasak menu sehari-hari.  

Baked Chicken in Tomato Sauce – Resep Ayam Panggang Saus Tomat

Baked Chicken in Tomato Sauce – Resep Ayam Panggang Saus Tomat

Baked chicken in tomato sauce – resep ayam panggang saus tomat ini saya buat karena anak sudah bosan dengan chicken hainam yang sudah terlalu sering saya masak untuk persediaan setiap minggu. Akhirnya mencari ide yang lain dan kebetulan saya baru membeli pasta tomat Pomi dan ingin bereksperimen lebih jauh.

Dengan sedikit memadukan teknik membumbui ayam panggang yang pernah saya praktekkan sebelumnya, saya coba mengira-ngira bumbu dan langkah-langkahnya. Saya sengaja memakai potongan paha atas agar lebih praktis. Berbeda dengan ayam utuh yang sedikit merepotkan karena harus dipotong terlebih dahulu saat menyajikannya. Di samping itu, paha atas juga mempunyai daging lebih banyak dan juga anak saya lebih suka dengan daging bagian paha karena teksturnya lebih kenyal daripada bagian dada.

Untuk bumbunya, saya menggunakan lada hitam utuh yang saya haluskan sendiri karena menurut saya lebih enak. Saya juga menambahkan Oregano dan Italian herb agar aromanya lebih sedap.

Bahan :

1 kg paha ayam dengan kulit

Bumbu :

Garam Himalaya secukupnya

1 sdt lada hitam atau sesuai selera

1 sdt Oregano atau sesuai selera

1 sdt Italian herb atau sesuai selera

1 sdm garlic powder

4 sdm pasta tomat merk Pomi atau sesuai selera

Cara membuat :

  1. Panaskan oven (preheat) dengan suhu sekitar 200 derajat celcius (sesuai dengan kondisi oven masing-masing).
  2. Cuci bersih paha atas ayam, tiriskan sampai kering agar saat dimarinade tidak keluar air.
  3. Lumuri ayam dengan garam himalaya, lada hitam, oregano, Italian herb, garlic powder dan 2 sdm pasta tomat, aduk rata dan diamkan beberapa saat agar bumbu meresap.
  4. Tata ayam di atas loyang yang lebar, lumuri permukaan ayam dengan sisa pasta tomat agar warnanya cantik.
  5. Oven selama sekitar 60 menit.

Resep Ayam Panggang Saus Tomat ini bisa juga dipanggang dengan sayuran yang boleh dikomsumsi di KF seperti kembang kol, zucchini, brokoli atau sayuran yang lainnya. Tidak perlu menambahkan butter atau minyak saat memanggang karena dari ayam akan keluar banyak minyak dan kaldunya. Selamat berkreasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ketut Mahendri
Saya Ketut Mahendri, sarjana Teknik Kimia dan ibu dari 3 orang anak. Saya praktisi diet Ketogenic, senang mengexplore berbagai masakan keto friendly yang saya tuangkan ke dalam ebook ini. Semoga ebook sederhana ini bisa membantu menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan gaya hidup sehat rendah karbohidrat/diet Ketogenic..
Ketut Mahendri
Ketofy Kitchen Owner