logo menu diet ketogenik

Ebook 3 Minggu Variasi Menu Diet Keto nan Lezat khusus disajikan buat Anda

Persembahan khusus untuk Anda yang baru memulai diet Keto dan masih bingung dalam menjalankannya dan menyusun menu sehari-hari. Ebook ini disusun berdasarkan pengalaman penulis baik dalam menjalankan diet Keto ataupun memasak menu sehari-hari.  

Cara Membuat Susu Kefir Sendiri

Cara Membuat Susu Kefir Sendiri

Cara Membuat Susu Kefir Sendiri – Memelihara kefir grains rasanya seperti mempunyai bayi baru. Saya harus menjaganya dengan penuh kehati-hatian agar jangan sampai dia kekurangan makanan atau salah penyimpanan sehingga berakibat kematian. Sampai-sampai setiap hari saya kepikiran terus sama si baby Anja, demikian sebutan saya padanya yang dalam bahasa Sanskerta artinya “sukses” 😀

Demi mendapatkan susu kefir yang bagus dari segi rasa dan penampilan, saya berlatih membuat kefir setiap hari. Awalnya saya menggunakan susu sapi kemasan, kemudian susu sapi segar dan setelah menguasai cara mendapatkan susu kefir yang bagus dan cara memisahkan antara whey (bagian bawah yang berwarna bening) dan curd (bagian atas yang berwarna putih) agar tercipta susu kefir yang cantik, saya baru beranjak mencoba menggunakan susu kambing segar.

Dari segi manfaat, kefir dari susu sapi segar lebih bagus daripada susu sapi kemasan. Demikian pula susu kambing segar lebih bagus manfaatnya daripada susu sapi segar.

Bila dibandingkan antara whey dan curd, whey lebih banyak manfaat untuk kesehatannya dibandingkan curd. Whey menjadi seperti minuman isotonik yang segar.

Anja Kefir

Pengertian dan Manfaat Kefir

Apa itu Kefir? Kefir adalah minuman probiotik dari susu yang difermentasi yang berasal dari pegunungan Kaukasus. Seperti halnya yoghurt, kefir rasanya asam dan berbau khas. Dari segi manfaat, Kefir jauh lebih bagus daripada yoghurt karena mengandung kurang lebih 60 jenis mikroba yang berguna. Sedangkan yoghurt mengandung jauh lebih sedikit mikroba.

Memiliki kandungan yang berlimpah menjadikan kefir mempunyai sangat banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya menjaga kesehatan pencernaan, menurunkan kadar gula darah sehingga baik untuk penderita diabetes, menurunkan kadar kolesterol, anti inflamasi (mencegah peradangan pada organ tubuh), anti kanker, meredakan reumatik, anti bakteri, anti oksidan, menyembuhkan sakit maag, membersihkan tubuh dari racun (detoks), mencegah radang paru-paru, mengurangi asma, meredakan influenza & bronchitis, mengobati ambeien, memperbaiki fungsi ginjal, mencegah jantung koroner, mempercepat penyembuhan luka, mencegah osteoporosis, baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit, menambah massa otot, mencegah tumor, meredakan imsonia, alternatif bagi mereka yang alergi susu (lactose intolerance), dsb.

Sebenarnya kefir dari susu segar memberikan manfaat kesehatan yang lebih bagus daripada kefir dari susu kemasan. Namun kali ini saya akan membahas cara pembuatan susu kefir dari susu sapi kemasan agar anda lebih mudah menemukan bahan susunya sehingga bisa mempraktekkannya untuk komsumsi sendiri di rumah. Bagi anda yang menjalankan diet Ketogenik disarankan meminum susu kefir yang fermentasinya selama 48 jam seperti di bawah ini.

Cara Mudah Membuat Kefir dari Susu Sapi Kemasan

Alat-alat yang dibutuhkan :

Wadah plastik/kaca yang tutupnya plastik.

Saringan plastik.

Sendok kayu/sendok plastik/spatula plastik.

*Gunakan peralatan dari bahan plastik/kayu/kaca karena bahan dari logam bisa korosi oleh kefir.

Bahan yang dibutuhkan :

1 liter susu sapi segar kemasan

50g kefir grains

Cara membuat Susu Kefir :

  1. Masukkan susu sapi segar ke dalam wadah plastik yang sudah dicuci bersih dan dikeringkan.
  2. Timbang kefir grains seberat 50g, masukkan ke dalam 1 liter susu, aduk perlahan sampai larutan homogen. Tutup rapat dengan tutup wadah atau kain, simpan di tempat yang gelap dan terhindar dari sinar matahari langsung.
  3. Setelah fermentasi lebih kurang 12 jam, aduk kefir sampai rata, kemudian fermentasikan lagi selama 12 jam.
  4. Setelah fermentasi total 24 jam, saring kefir dengan saringan plastik. Aduk hati-hati dengan spatula atau sendok plastik. Hasil yang menyangkut di saringan adalah kefir grains yang bisa anda gunakan kembali pada pembuatan kefir berikutnya. Simpan kefir grains ke dalam kulkas dengan memberikan sedikit susu segar sebagai makanannya.
  5. Lanjutkan fermentasi kefir selama 24 jam lagi pada suhu ruang.
  6. Setelah 24 jam, simpan susu kefir yang sudah jadi di dalam kulkas.

Demikianlah cara membuat kefir susu sapi yang mudah dan praktis. Rasanya segar dan asam seperti yoghurt. Anehnya biarpun asam, tapi perut terasa nyaman. Biasanya perut saya tidak tahan akan rasa asam, tapi tidak dengan asamnya kefir. Tentu reaksi orang akan berbeda jika pertama kali minum karena kefir mempunyai efek detoks  sehingga saya sarankan untuk pertama kali sebaiknya minum saat malam hari.

Susu kefir lebih enak bila disajikan dalam keadaan dingin atau bila anda kurang menyukai rasa asam, anda bisa coba tambahkan sedikit diabetasol atau puree buah seperti strawberry dan kiwi (hanya untuk fase maintenance).  Susu kefir bisa anda komsumsi 2x sehari sebanyak @200ml.

Bagi anda yang ingin mengurangi berat badan, konsumsi kefir sebelum makan dan bila yang ingin menambah berat badan, komsumsi kefir setelah makan. Dan bagi anda yang menjalani pola makan Ketofastosis, komsumsi kefir di jendela makan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ketut Mahendri
Saya Ketut Mahendri, sarjana Teknik Kimia dan ibu dari 3 orang anak. Saya praktisi diet Ketogenic, senang mengexplore berbagai masakan keto friendly yang saya tuangkan ke dalam ebook ini. Semoga ebook sederhana ini bisa membantu menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan gaya hidup sehat rendah karbohidrat/diet Ketogenic..
Ketut Mahendri
Ketofy Kitchen Owner