logo menu diet ketogenik

Ebook 3 Minggu Variasi Menu Diet Keto nan Lezat khusus disajikan buat Anda

Persembahan khusus untuk Anda yang baru memulai diet Keto dan masih bingung dalam menjalankannya dan menyusun menu sehari-hari. Ebook ini disusun berdasarkan pengalaman penulis baik dalam menjalankan diet Keto ataupun memasak menu sehari-hari.  

Cara Mudah Membuat Teh Kombucha

Cara Mudah Membuat Teh Kombucha

Apa Itu Teh Kombucha?

Teh Kombucha yang popupler di negeri Tirai Bambu dengan nama teh jamur Mancuria adalah minuman probiotik hasil fermentasi larutan teh dengan gula yang kemudian ditambahkan starter mikroba dan ragi yang disebut jamur Kombucha (Scoby). Akibat fermentasi yang terjadi, teh Kombucha menjadi kaya akan vitamin dan asam amino yang berguna untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Minuman ini memiliki rasa asam seperti anggur.

Secara garis besar, teh Kombucha bekerja dengan mengeluarkan racun di dalam tubuh (detoksifikasi) dan meningkatkan fungsi pencernaan. Setelah keseimbangan & sitem kekebalan tubuh menjadi baik, maka sistem imun dalam tubuh akan berperang melawan penyakit.

Teh Kombucha dipercaya mempunyai 1000 manfaat bagi kesehatan, diantaranya berkhasiat sebagai antioksidan, antibakteri, meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan tekanan darah, mengeluarkan racun dari tubuh, memperbaiki mikroflora usus, dsb.

Apakah teh Kombucha mengandung alkohol? Jawabnya ya, namun dalam jumlah yang sangat kecil yaitu kurang dari 1% sehingga tidak memabukkan. Sebagai informasi, menurut fatwa MUI bahwa kandungan maksimal alkohol yang ditolerir adalah 2%, sehingga Kombucha tergolong minuman yang Halal.

Cara Mudah Membuat Teh Kombucha

 

Pembuatan Kombucha

Cara membuat teh Kombucha sebenarnya sangat sederhana, hanya dengan mencampur teh manis dengan jamur Kombucha, lalu ditunggu selama 7-14 hari. Hanya saja harap diperhatikan dalam pemilihan bahan seperti teh, gula, air beserta pemilihan peralatan yang digunakan untuk menjaga agar jamur Kombucha tetap hidup & menghindari proses oksidasi.

Jangan menggunakan air mineral kemasan karena mengandung ozone. Hindari pula air yang mengandung chlorine. Disini saya menggunakan air dari mesin Kangen Water dengan pH netral (Clean Water) sehingga lebih terjamin.

Disarankan menggunakan teh daun bukan teh celup. Jenis tehnya boleh apa saja seperti teh hijau/teh hitam asalkan yang original atau tidak ada perasa.

Gula pasir yang digunakan lebih baik yang berwarna kekuningan. Tidak disarankan menggunakan gula kimia seperti aspartan, gula jagung, gula diet dsb.

Untuk peralatan yang digunakan, pilih panci yang berbahan dasar stainless steel, jangan menggunakan panci aluminium yang mudah berkarat.

Gunakan toples kaca untuk wadah proses fermentasi. Jangan menggunakan tempat dari plastik atau aluminium karena akan mengakibatkan oksidasi.

 

Simak video cara pembuatan teh Kombucha disini.

 

Cara Membuat Teh Kombucha

Bahan :

  • Jamur Kombucha (Scoby) beserta 500ml cuka Kombucha
  • 500ml air (hindari menggunakan air mineral karena mengandung ozone & hindari menggunakan air yang mengandung chlorine)
  • 1/4 sdt daun teh (hindari menggunakan teh sachet karena mengandung pewarna/perasa dan kertasnya bisa mengandung chlorine)
  • 4 sdm gula pasir

 

Alat-Alat :

  • Panci stainless steel (jangan menggunakan panci aluminium/yang mudah berkarat)
  • Toples kaca (jangan menggunakan bahan dari plastik/logam karena akan mengakibatkan oksidasi)
  • Serbet/plastik untuk menutup
  • Saringan teh
  • Gelas ukur
  • Corong
  • Sendok stainless steel

Cara membuat :

  1. Rebus gula dengan sedikit air sampai larut, sisihkan.
  2. Rebus air sampai mendidih, masukkan daun teh.
  3. Angkat, biarkan sekitar 2-3 menit.
  4. Saring teh sampai bersih dari daunnya.
  5. Campurkan dengan larutan gula, dinginkan sampai suhu ruang karena Scoby akan mati bila kena panas.
  6. Setelah teh dingin, masukkan teh ke dalam Scoby secara perlahan lewat pinggir toples dengan menggunakan gelas ukur.
  7. Tutup toples dengan kain/plastik yang rapat agar terhindar dari semut, lalat, debu dsb.
  8. Fermentasi selama 7 – 14 hari pada suhu ruang pada tempat yang tenang. Jangan digoyang atau dipindahkan.
  9. Sesudah proses fermentasi selesai, pindahkan teh Kombucha ke botol lain dan bisa langsung dinikmati.
  10. Sisakan teh kombucha secukupnya pada toples jamur Scoby untuk proses fermentasi selanjutnya.

 

Aturan minum teh Kombucha adalah 1/2 – 1 gelas sebanyak 3x sehari setelah makan. Untuk pemula bisa dimulai dengan 1/4 gelas 2x sehari untuk penyesuaian. Bila anda menderita Diabetes komsumsi teh Kombucha yang sudah difermentasi selama 14 hari agar kandungan gulanya benar-benar hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ketut Mahendri
Saya Ketut Mahendri, sarjana Teknik Kimia dan ibu dari 3 orang anak. Saya praktisi diet Ketogenic, senang mengexplore berbagai masakan keto friendly yang saya tuangkan ke dalam ebook ini. Semoga ebook sederhana ini bisa membantu menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan gaya hidup sehat rendah karbohidrat/diet Ketogenic..
Ketut Mahendri
Ketofy Kitchen Owner