logo menu diet ketogenik

Ebook 3 Minggu Variasi Menu Diet Keto nan Lezat khusus disajikan buat Anda

Persembahan khusus untuk Anda yang baru memulai diet Keto dan masih bingung dalam menjalankannya dan menyusun menu sehari-hari. Ebook ini disusun berdasarkan pengalaman penulis baik dalam menjalankan diet Keto ataupun memasak menu sehari-hari.  

Japanese Cotton Cheesecake Versi Keto Resep

Japanese Cotton Cheesecake Versi Keto Resep

Japanese Cotton Cheesecake Versi Keto Resep – Sudah lama penasaran dan ingin mencoba membuat cheesecake, akhirnya kesampaian juga. Resep Low Carb Glutten Free Japanese Cheesecake dari ibu Sari Unita Sinulingga ini sudah lama tersimpan rapi dan menunggu antrian untuk dicoba. Senang sekali akhirnya bisa mempraktekkannya.

Ketika keluar dari oven dengan tidak sabar saya langsung mencicipinya, saya benar-benar langsung jatuh cinta akan rasanya yang soft, fluffy, manis bercampur dengan rasa gurih dari creamcheese dan rasa segar dari lemon. Sungguh perpaduan yang sangat sempurna. Rasanya bikin nagih sehingga 1 potong pun tidak cukup.

japanesse-cotton-cheesecake-keto-version

Japanese Cotton Cheesecake atau di negara asalnya sering disebut Ogura Cake ini pembuatannya agak berbeda dengan cheesecake pada umumnya. Dibuat dengan cara memanaskan cream cheese sampai meleleh, baru kemudian dimasukkan kuning telur dan setelah diaduk rata menyusul bahan-bahan yang lain. Putih telurnya sendiri dikocok secara terpisah sampai kaku yang disebut meringue, lalu dicampur dengan adonan cream cheese sebelumnya. Yang paling penting dalam proses pemanggangannya menggunakan teknik Au Bain Marie atau Water Bath, dimana cake dipanggang dengan meletakkan loyang yang berisi air di dalam oven. Tujuannya untuk menjaga kelembaban di dalam oven sehingga menghasilkan cheecake yang lembut, berwarna terang dan juga untuk mencegah permukaan cheecake retak.

Agar lebih mudah dimengerti, anda bisa mempelajari video tutorial berikut tentang cara membuat japanese cheese cake yang mempunyai prinsip yang sama.

Resep Ketofy Japanese Cotton Cheesecake  

Bahan dasar :
12 Diabetasol
250 gr Cream Cheese
80 ml Minyak kelapa
200 ml Whipping Cream
6 Kuning Telur
40 gr Tepung Almond
20 gr Tepung Keto
30 ml Lemon Juice

Bahan Meringue :
6 Putih Telur
½ tsp Cream of Tartar
20 Diabetasol

Cara membuat :
1. Lelehkan cream cheese yang sudah ditambahkan dengan diabetasol dan minyak kelapa menggunakan metode “Double Boiler”.
2. Setelah meleleh, diamkan hingga dingin lalu masukkan kuning telur satu persatu. Aduk menggunakan whisker.
3. Setelah rata masukkan whipping cream, aduk sampai halus.
4. Masukkan tepung almond dan tepung keto ke dalam adonan, aduk hingga rata. Dan masukkan lemon juice ke dalam adonan.
5. Kocok putih telur dan cream of tartar menggunakan mixer hingga mengembang dan lembut. Lalu masukkan diabetasol, dan kocok kembali hingga mengembang dan kaku. Hasil kocokan disebut meringue.
6. Sedikit demi sedikit masukkan meringue ke dalam adonan, lalu aduk menggunakan whisker dengan metode folding. Pastikan semua adonan tercampur dengan rata.
7. Lalu masukkan ke dalam loyang yang sudah dioles minyak kelapa dan diberi parchment paper pada bagian bawah. Jangan gunakan loyang yang dapat di bongkar pasang, untuk menghindari gagalnya kue.
8. Masukkan loyang yang berisi adonan ke dalam loyang lagi yang sudah di isi air, lalu masukkan ke dalam oven pada suhu 170°C, panggang selama 80-90 menit, hingga coklat keemasan dan lakukan test tusuk untuk memastikan kematangannya.

Japanese Cotton Cheesecake ini sebenarnya tidak terlalu sulit dibuat asal anda mengikuti step-stepnya dengan benar. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ketut Mahendri
Saya Ketut Mahendri, sarjana Teknik Kimia dan ibu dari 3 orang anak. Saya praktisi diet Ketogenic, senang mengexplore berbagai masakan keto friendly yang saya tuangkan ke dalam ebook ini. Semoga ebook sederhana ini bisa membantu menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan gaya hidup sehat rendah karbohidrat/diet Ketogenic..
Ketut Mahendri
Ketofy Kitchen Owner