logo menu diet ketogenik

Ebook 3 Minggu Variasi Menu Diet Keto nan Lezat khusus disajikan buat Anda

Persembahan khusus untuk Anda yang baru memulai diet Keto dan masih bingung dalam menjalankannya dan menyusun menu sehari-hari. Ebook ini disusun berdasarkan pengalaman penulis baik dalam menjalankan diet Keto ataupun memasak menu sehari-hari.  

Resep Cloud Bread – Roti Sehat Tanpa Tepung

Resep Cloud Bread – Roti Sehat Tanpa Tepung

Resep Cloud Bread – Roti Sehat Tanpa Tepung yang digemari banyak orang kini populer sebagai alternatif roti sehat karena tidak mengandung gluten/tepung sama sekali. Bentuknya tidak beraturan, rasanya sangat lembut dan empuk sehingga saat memakannya anda serasa terbang ke awan, tak heran bila dinamakan Cloud Bread 😀 Cara membuatnya juga sangat mudah dan basicnya hanya perlu 3 macam bahan yaitu telor, cream cheese dan baking powder/cream of tartar.

Awalnya saya coba membuat Cloud Bread dengan basic adonan dengan menggunakan baking powder. Hasil kocokan putih telurnya sangat bagus dan kaku sehingga mudah dibentuk & rasanya gurih. Namun suami merasa ada yang kurang, inginnya ada sedikit rasa manis. Lalu saya bereksperimen menambahkan 1 sachet diabeatasol dengan menggunakan cream of tartar serta saya taburi toping daun Rosemary dan juga ada yang saya taburi parutan keju di atasnya. Suami dan anak-anak langsung suka karena ada rasa manisnya dan juga karena ditambah toping jadi kelihatan lebih menarik. Namun hasil kocokan putih telur dengan menggunakan cream of tartar ternyata tidak terlalu kaku sehingga agak encer setelah dibentuk. Selanjutnya saya lebih suka menggunakan baking powder untuk Resep Cloud Bread – Roti Sehat Tanpa Tepung karena hasilnya lebih bagus.

resep-cloud-bread-keto

Resep Cloud Bread – Roti Sehat Tanpa Tepung

Bahan :

3 butir telur

3 sdm cream cheese suhu ruang

1 sdt baking powder

1 sachet diabetasol

Bisa memakai toping (opsional) seperti rosemary, parutan keju, dsb.

Cara Membuat :

  1. Preheat oven terlebih dahulu dengan suhu 180oC.
  2. Siapkan 2 loyang dan lapisi dengan kertas roti.
  3. Siapkan 1 mangkuk besar untuk putih telur, 1 mangkuk kecil untuk kuning telur.
  4. Masukkan 1sdt baking powder ke dalam mangkuk besar.
  5. Pisahkan kuning dan putihnya ke masing-masing mangkuk.
  6. Masukkan cream cheese, diabetasol dan kuning telur di mangkuk kecil, kocok sampai tercampur sempurna, sisihkan.
  7. Kocok putih telur dan baking powder di mangkuk besar, kocok sampai berbusa dan kaku.
  8. Masukkan adonan kuning telur ke kocokan putih telur, aduk perlahan & sebentar saja jangan sampai adonan putih telur mengempis.
  9. Cetak 1-2 sdm adonan dengan bentuk bundar dan agak rata di atas loyang yang sudah dilapisi kertas roti.
  10. Masukkan ke dalam oven dan panggang sekitar 30-40 menit sampai berwarna kecoklatan dan dasarnya agak kering.
  11. Angkat dan dinginkan. Simpan di dalam kantong plastik agar awet.

Bisa dimakan langsung atau disajikan sebagai pengganti sandwich atau roti hamburger. Yuk simak video cara membuat Resep Cloud Bread – Roti Sehat Tanpa Tepung berikut agar lebih meresapi 🙂

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ketut Mahendri
Saya Ketut Mahendri, sarjana Teknik Kimia dan ibu dari 3 orang anak. Saya praktisi diet Ketogenic, senang mengexplore berbagai masakan keto friendly yang saya tuangkan ke dalam ebook ini. Semoga ebook sederhana ini bisa membantu menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan gaya hidup sehat rendah karbohidrat/diet Ketogenic..
Ketut Mahendri
Ketofy Kitchen Owner