LOGO MENU DIET KETOGENIK WHITE

Ebook 3 Minggu Variasi Menu Diet Keto nan Lezat khusus disajikan buat Anda

Persembahan khusus untuk Anda yang baru memulai diet Keto dan masih bingung dalam menjalankannya dan menyusun menu sehari-hari. Ebook ini disusun berdasarkan pengalaman penulis baik dalam menjalankan diet Keto ataupun memasak menu sehari-hari.  

Resep Kaastengels Keju Keto

Resep Kaastengels Keju Keto

Resep Kaastengels Keju Keto – Salah satu kue kering yang wajib ada saat Lebaran dan menghiasi meja tamu selain kue Nastar, Puteri Salju, Lidah Kucing dsb adalah Kaastengels. Ini adalah salah satu kue yang menjadi favorit dan banyak dicari. Selain bentuknya yang imut dan menarik dengan taburan keju di atasnya, rasanya juga enak dan gurih yang berasal dari kejunya.

Untuk membuat Kaastengels yang keto friendly, anda hanya perlu menggantikan tepung terigu dengan tepung Keto, tepung Almond atau kombinasi keduanya. Anda bisa bermain-main dengan komposisi tepung. Menurut pengalaman saya, bila hanya menggunakan tepung Almond, rasanya enak akan tetapi kue menjadi agak rapuh sehingga mudah hancur. Bila dikombinasi dengan tepung Keto hasilnya akan lebih bagus.

Bahan utama dari Kaastengel adalah keju, oleh karena itu gunakan keju yang bagus dan berkualitas. Jenis keju yang biasa dipakai untuk menambah kelezatannya adalah keju Edam. Anda bisa juga menggantinya dengan keju Parmesan ataupun hanya keju Cheddar. Parut keju dan biarkan beberapa saat agar kering sehingga hasil Kaastengel bisa lebih renyah.

Agar kue tidak melebar saat dipanggang, jangan mengocok adonan terutama butter terlalu lama. Gunakan butter yang baru dikeluarkan sesaat dari lemari pendingin sehingga saat dikocok hasilnya bagus dan kelihatan pucatnya.

Saat mengoleskan kuning telur, agar kelihatan cantik anda bisa menggunakan jari tangan atau bisa juga dengan kuas berukuran kecil dan diulang beberapa kali. Terakhir taburkan sedikit parutan keju di atasnya sebagai hiasan. Bila ada parutan keju yang berceceran, anda bisa mengambilnya dengan sumpit dan bisa ditaburkan kembali ke kue yang lain.

Di bawah ini saya share salah satu resep kastengel keto dari keju kraft yang basicnya saya peroleh dari group KF dan sudah saya coba praktekkan. Hasil adonannya tidak bisa sekalis adonan Kaastengel biasa sehingga harus lebih hati-hati saat mencetaknya.

resep kaastengels keto

Resep Kaastengels Keto

Bahan-bahan :

125 g tepung Keto atau tepung Almond atau kombinasi dua-duanya

75g keju cheddar Kraft (bisa dicampur dengan keju Edam atau keju Parmesan)

1 butir kuning telur

75g unsalted butter

Keju parut secukupnya untuk topping

Kuning telur untuk olesan

Cara membuat :

  1. Preheat/panaskan oven pada suhu 180C.
  2. Mixer butter sebentar sampai berwarna agak pucat. Jangan menunggu butter leleh.
  3. Masukkan kuning telur, mixer sebentar sampai rata saja, matikan mixer.
  4. Masukkan tepung Keto/ tepung Almond dan parutan keju. Aduk rata dengan menggunakan sendok kayu atau spatula yang kokoh sampai kalis.
  5. Giling adonan sampai agak tipis, cetak menggunakan cetakan kaastengel atau potong-potong menggunakan pisau.
  6. Siapkan loyang, olesin tipis dengan sedikit butter.
  7. Tata kaastengel di atas loyang sampai penuh, setelah itu olesi dengan kocokan kuning telur. Terakhir taburi dengan parutan keju.
  8. Masukkan loyang ke oven dan panggang selama 25 menit hingga matang (tergantung dari kondisi oven masing-masing).

Walaupun tampak praktis dan mudah dibuat, namun perlu beberapa kali latihan untuk menghasilkan resep kastengel renyah dan garing. Selamat mencoba dan merayakan Idul Fitri bersama keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ketut Mahendri
Saya Ketut Mahendri, sarjana Teknik Kimia dan ibu dari 3 orang anak. Saya praktisi diet Ketogenic, senang mengexplore berbagai masakan keto friendly yang saya tuangkan ke dalam ebook ini. Semoga ebook sederhana ini bisa membantu menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan gaya hidup sehat rendah karbohidrat/diet Ketogenic..
Ketut Mahendri
Ketofy Kitchen Owner