logo menu diet ketogenik

Ebook 3 Minggu Variasi Menu Diet Keto nan Lezat khusus disajikan buat Anda

Persembahan khusus untuk Anda yang baru memulai diet Keto dan masih bingung dalam menjalankannya dan menyusun menu sehari-hari. Ebook ini disusun berdasarkan pengalaman penulis baik dalam menjalankan diet Keto ataupun memasak menu sehari-hari.  

Resep Kopi – Bulletproof Coffee (BPC) Recipe Keto

Resep Kopi – Bulletproof Coffee (BPC) Recipe Keto

Banyak yang bertanya-tanya apa itu Bulletproof Coffee (BPC)? Jenis kopi ini masih asing di telinga. Begitu juga saya, baru dengar saat awal-awal menjalani diet Ketogenik. Ternyata bulletproof coffee adalah kopi yang dicampur dengan mentega (butter) yang mempunyai banyak manfaat.

resep-kopi-bulletproof-coffee-bpc

Apa itu Bulletproof Coffee?

Kopi ini diciptakan pertama kali oleh Dave Asprey. Beliau mendapatkan inspirasi ketika berkunjung ke Tibet. Penduduk disana gemar mencampurkan minuman dengan mentega dari susu Yak. Istilah “Bulletproof Coffee” (Kopi Anti Peluru) sendiri diambil dari judul sebuah film yang berjudul “Bulletproof Monk” yang menceritakan tentang seorang biksu dari Tibet.

Awalnya Dave Asprey ini sedang berlibur di pegunungan Tibet dengan ketinggian 18,000 kaki. Saat itu suhu udaranya sangat dingin di bawah 10oC. Sebelumnya dia terhuyung-huyung memasuki guest house dan kemudian dia mencoba mencampurkan kopi dengan mentega. Setelah itu dia merasa lebih segar dan kekuatannya menjadi pulih seperti semula.

Manfaat Bulletproof Coffee

Bulletproof Coffee (BPC) ini dinikmati dengan mencampurkan Brain Octane Oil (MTC Oil) yang bisa diganti VCO dan unsalted grass-fed butter (mentega dari sapi yang hanya makan rumput), memberikan energi ekstra karena kandungan kalorinya yang tinggi. Tak heran setelah meminum BPC di pagi hari sebagai pengganti sarapan, dapat memberikan efek kenyang sampai menjelang makan siang. Di samping lebih berenergi, BPC juga dapat membuat kita lebih fokus dan membantu dalam penurunan berat badan sehingga pinggang menjadi lebih ramping.

Bagaimana Rasa Bulletproof Coffee?

Saya sendiri langsung jatuh cinta saat pertama kali mencoba BPC. Saat itu saya mencoba membuat BPC dingin dengan menambahkan es batu. Rasanya sangat enak, membuat saya ketagihan padahal sebelumnya saya tidak bisa meminum kopi akibat sakit maag yang saya derita. Apalagi badan terasa lebih segar dan berenergi serta memberikan efek kenyang sehingga saya lebih kuat menjalankan puasa yang dianjurkan dalam Ketofastosis. Selanjutnya setiap pagi saya minum BPC hangat karena lebih praktis dan juga efek creamy yang dihasilkan oleh mentega menjadi lebih sedikit.

Resep Cara Membuat Bulletproof Coffee (BPC)

Bahan :
Kopi bubuk blended (tidak ada ampasnya) seperti Nescafe
1sdm unsalted butter
2sdm VCO (Virgin Coconut Oil)
½ – 1 sachet Diabetasol (opsional)
Sejumput Himalaya Salt (opsional)
Liquid Whipped Cream merk Greenfield (0 carb) atau santan secukupnya (opsional, tidak boleh di jam puasa)

Cara membuat :
1.Larutkan kopi, butter, VCO, Diabetasol (opsional) dengan ½ gelas air panas
2. Tambahkan Whipped Cream/Santan (opsional), sejumput Himalaya Salt (opsional) lalu blender dengan es batu (bila suka dingin)

Sajikan & nikmati Bulletproof Coffee (BPC) di pagi hari sehingga anda mempunyai ekstra energi, lebih fokus dan tidak mudah lapar.

4 Comments

  1. Jadi untuk bulletproof coffe, boleh ya…
    coffe+Unsalted butter+vco di waktu pagi (puasa)?tapi tidak boleh dipakein salt atau diabetasol atau whipped cream atau santan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ketut Mahendri
Saya Ketut Mahendri, sarjana Teknik Kimia dan ibu dari 3 orang anak. Saya praktisi diet Ketogenic, senang mengexplore berbagai masakan keto friendly yang saya tuangkan ke dalam ebook ini. Semoga ebook sederhana ini bisa membantu menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan gaya hidup sehat rendah karbohidrat/diet Ketogenic..
Ketut Mahendri
Ketofy Kitchen Owner