logo menu diet ketogenik

Ebook 3 Minggu Variasi Menu Diet Keto nan Lezat khusus disajikan buat Anda

Persembahan khusus untuk Anda yang baru memulai diet Keto dan masih bingung dalam menjalankannya dan menyusun menu sehari-hari. Ebook ini disusun berdasarkan pengalaman penulis baik dalam menjalankan diet Keto ataupun memasak menu sehari-hari.  

Resep Manisan Kolang Kaling Keto

Resep Manisan Kolang Kaling Keto

Resep Manisan Kolang Kaling Keto – Dalam rangka bulan Ramadhan, kali ini saya akan berbagi resep-resep yang biasanya dinikmati baik saat puasa maupun saat merayakan Lebaran nanti. Saya akan bagi ke dalam beberapa artikel ya. Kali ini saya akan berbagi resep cara membuat masakan kolang kaling keto.

Dari kecil saya sangat suka dengan manisan kolang kaling. Biasanya untuk anak-anak dijual sebagai jajanan dalam bentuk sate. Lebih nikmat lagi bila dicampur dengan kolak atau es campur.

Semenjak diet KF, saya tidak pernah memakan kegemaran saya yang satu ini lagi. Alangkah senangnya saya saat membaca kalau kolang kaling itu ternyata rendah karbohidrat alias low carb. Kandungan karbonya hanya 4-5 gram per 100gram saji. Mirip dengan kandungan karbo pada shirataki atau Konyaku. Berarti bisa dikomsumsi untuk semua fase.

Saking senangnya saya langsung mencoba mencari bahan-bahan untuk membuat manisan kolang-kaling yang tentunya Keto friendly yaitu menggunakan pemanis diabetasol. Saya juga hunting perasa dan pewarna yang tidak mengandung gula dan aman untuk diet Keto ke beberapa toko bahan kue. Pokoknya ingin berbagai rasa secara kangen juga dengan rasa buah yang selama ini sudah tidak pernah saya komsumsi. Resepnya sendiri saya dapatkan dari group KF dengan berkreasi di rasa dan warnanya.

manisan kolang kaling keto

Cara Membuat Manisan Kolang Kaling Keto

Bahan-bahan :

1 kg kolang kaling mentah, pilih yang warnanya putih jernih dan tidak keras.

20 sachet diabetasol atau sesuai selera.

1 liter air untuk merebus.

5 lembar daun pandan, potong menjadi beberapa bagian.

10 lembar daun jeruk.

Pewarna atau bisa ditambah perasa makanan sesuai selera.

Cara membuat manisan kolang kaling :

  1. Cuci kolang kaling dengan air hingga benar-benar bersih, kemudian rendam dengan air cucian beras atau air mendidih selama 30 menit. Tiriskan.
  2. Siapkan air, daun pandan, daun jeruk, diabetasol, pewarna dan perasa dalam panci. Masukkan kolang-kaling, aduk rata.
  3. Masak kolang kaling sampai mendidih, aduk-aduk saat airnya tinggal sedikit. Matikan kompor, angkat dan biarkan beberapa saat.
  4. Setelah kolang kaling dingin, simpan di kulkas agar lebih nikmat.

Manisan kolang kaling keto ini rasanya sangat segar dan tidak kalah dengan manisan aslinya. Cocok sekali untuk hidangan berbuka. Selamat mencoba 🙂

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ketut Mahendri
Saya Ketut Mahendri, sarjana Teknik Kimia dan ibu dari 3 orang anak. Saya praktisi diet Ketogenic, senang mengexplore berbagai masakan keto friendly yang saya tuangkan ke dalam ebook ini. Semoga ebook sederhana ini bisa membantu menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan gaya hidup sehat rendah karbohidrat/diet Ketogenic..
Ketut Mahendri
Ketofy Kitchen Owner