logo menu diet ketogenik

Ebook 3 Minggu Variasi Menu Diet Keto nan Lezat khusus disajikan buat Anda

Persembahan khusus untuk Anda yang baru memulai diet Keto dan masih bingung dalam menjalankannya dan menyusun menu sehari-hari. Ebook ini disusun berdasarkan pengalaman penulis baik dalam menjalankan diet Keto ataupun memasak menu sehari-hari.  

Resep Martabak Telur Spesial Keto

Resep Martabak Telur Spesial Keto

Resep Martabak Telur Spesial Keto – Sabtu pagi kemarin seperti biasa saya belanja mingguan ke fresh market di dalam perumahan. Saat mampir ke toko langganan yang menjual aneka makanan olahan, mata saya terpaku dengan beberapa bungkus kulit tahu yang tergantung di depan toko. Saya meminta penjual menurunkannya dan alangkah senangnya saya saat mendapati ternyata kulit tahu tersebut sangat mulus, tipis dan lentur sehingga mudah dibentuk.

kulit-tahu
Penampakan Kulit Tahu

Saya baru tahu ternyata kulit tahu itu berbeda dengan kembang tahu yang biasa saya beli. Kalau kembang tahu, teksturnya lebih kasar dan bergelombang serta lebih tebal sehingga sulit untuk dibentuk. Cocoknya dipakai untuk campuran sop atau capcay dsb. Sedangkan kulit tahu itu teksturnya lebih halus, tipis dan lentur sehingga cocok sebagai kulit pembungkus makanan seperti kulit lumpia, ekkado, dimsum, dsb. Pada saat itu juga langsung terbersit di kepala saya untuk mencoba membuat martabak telur kesukaan anak-anak dengan menggunakan kulit tahu sebagai pembungkusnya. Selama ini saya membuat martabak telur tanpa kulit dan hampir setiap hari anak-anak minta dibuatkan.

resep-martabak-telur-spesial-keto

Sesampai di rumah saya langsung browsing resep martabak telur kulit tahu yang sekiranya bisa saya modifikasi agar lebih keto friendly. Dan dalam sekejap saya menemukan resep yang sesuai dan langsung saya modifikasi dan eksekusi. Berikut step-step pembuatan martabak telur mini yang prosesnya lumayan mudah dan sederhana.

Resep Martabak Telur Kulit Tahu Keto

Bahan :

1 bungkus kulit tahu isi 1 lembar

200g udang kupas, cincang

200g daging ayam cincang

5 batang daun bawang, iris tipis

1 sdm tepung Keto

4 butir telur (2 butir untuk dicampur ke adonan, 2 butir dikocok lepas untuk bahan celupan martabak)

Minyak goreng secukupnya

resep-martabak-telur-kulit-tahu-keto

Bumbu :

3 siung bawang putih, cincang

½ sdt merica bubuk

Garam secukupnya

Bahan saus cuka :

1 siung bawang putih, cincang

2 sdm Apple Cider Vinegar

10 buah cabe rawit hijau, potong kecil

2 sachet Diabetasol

½ gelas air

Garam secukupnya

resep-martabak-telur-mini

Cara membuat :

  1. Bagi kulit tahu dengan memotong menjadi 8 bagian, sisihkan.
  2. Campur ke dalam mangkuk semua bahan seperti daging cincang, udang cincang, daun bawang dan bumbu, aduk rata. Terakhir masukkan telur dan aduk sampai adonan menyatu.
  3. Siapkan potongan kulit tahu, ambil 2 sdm adonan dan ratakan di tengahnya. Lipat ujung-ujung kembang tahu, untuk memudahkan basahi tangan dengan sedikit air agar kulit tahu agak sedikit lemas pada saat dilipat. Lakukan hal yang sama membuat martabak sampai adonan dan kulit tahu habis.
  4. Kukus martabak menggunakan panci kukus selama 15 menit, dinginkan.
  5. Kocok telur di mangkok terpisah, masukkan martabak satu persatu ke dalam kocokan telur. Goreng sampai kecoklatan.

Sajikan resep martabak telur praktis panas-panas dengan saus cuka yang pedas. Saya sangat suka dengan saus sukanya yang rasanya pas ada asam, manis dan pedasnya. Selamat mencoba dan berkreasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ketut Mahendri
Saya Ketut Mahendri, sarjana Teknik Kimia dan ibu dari 3 orang anak. Saya praktisi diet Ketogenic, senang mengexplore berbagai masakan keto friendly yang saya tuangkan ke dalam ebook ini. Semoga ebook sederhana ini bisa membantu menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan gaya hidup sehat rendah karbohidrat/diet Ketogenic..
Ketut Mahendri
Ketofy Kitchen Owner