logo menu diet ketogenik

Ebook 3 Minggu Variasi Menu Diet Keto nan Lezat khusus disajikan buat Anda

Persembahan khusus untuk Anda yang baru memulai diet Keto dan masih bingung dalam menjalankannya dan menyusun menu sehari-hari. Ebook ini disusun berdasarkan pengalaman penulis baik dalam menjalankan diet Keto ataupun memasak menu sehari-hari.  

Resep Membuat Lumpia Isi Daging Ayam Keto

Resep Membuat Lumpia Isi Daging Ayam Keto

Resep Membuat Lumpia Isi Daging Ayam Keto – Lumpia atau spring roll sebenarnya berasal dari Tionghoa, setelah itu diadaptasi oleh orang Indonesia dengan berbagai macam pilihan isi daging dan sayuran. Yang terkenal adalah lumpia Semarang yang khas dengan isi sayur rebungnya. Lumpia terdiri dari bagian kulit dan bagian isi. Biasanya kulit terbuat dari tepung yang berfungsi untuk melapisi bagian isi.  Terdapat 2 jenis lumpia yaitu lumpia kering dan lumpia basah. Isinya juga bermacam-macam, mulai dari daging, sayuran, bihun dan sebagainya.

Kali ini saya mencoba membuat lumpia kering isi daging ayam yang keto friendly dengan menggunakan kulit tahu. Tak lupa ditumis dengan butter dan ditambah parutan keju agar lebih tinggi lemak atau menjadi fat bomb yang dibutuhkan oleh pelaku diet Ketogenik. Berhubung kulit tahu sifatnya lentur dan lembut, jadi sebelumnya lumpia harus dikukus terlebih dahulu sebelum digoreng.

lumpia-goreng-isi-ayam-keto

Bahan-Bahan :

250g daging ayam cincang atau giling

5 siung bawang putih, cincang

1 siung bawang bombay, cincang

3 lembar daun bawang, iris halus

1 sdt lada halus

Garam secukupnya

2 sdm butter untuk menumis

100g keju parut

Kulit tahu secukupnya, potong persegi

2 butir telur

Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :

  1. Panaskan butter, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum.
  2. Masukkan ayam cincang, tumis sampai berubah warna.
  3. Masukkan bumbu yang lain seperti daun bawang, lada halus dan garam. Aduk-aduk sampai daging ayam matang. Angkat.
  4. Setelah agak dingin, masukkan 1 butir telur dan parutan keju, aduk rata.
  5. Ambil 2sdm adonan, masukkan ke potongan kulit tahu. Gulung dan lipat kulit tahu sampai tertutup. Bila agak susah dilipat, basahi tangan dengan air dan kulit lumpia akan menjadi lebih lemas dan mudah dilipat.
  6. Ulangi langkah di atas sampai adonan habis.
  7. Kukus lumpia sekitar 15 menit, angkat dan dinginkan.
  8. Kocok 1 butir telur ayam, celupkan lumpia ke kocokan telur. Goreng sampai berwarna keemasan.

Lumpia goreng isi daging ayam ini bisa untuk disimpan sebagai stock bahan makanan Keto. Caranya tinggal masukkan kulkas setelah dikukus, bila ingin menyantap tinggal digoreng. Praktis bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ketut Mahendri
Saya Ketut Mahendri, sarjana Teknik Kimia dan ibu dari 3 orang anak. Saya praktisi diet Ketogenic, senang mengexplore berbagai masakan keto friendly yang saya tuangkan ke dalam ebook ini. Semoga ebook sederhana ini bisa membantu menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan gaya hidup sehat rendah karbohidrat/diet Ketogenic..
Ketut Mahendri
Ketofy Kitchen Owner