logo menu diet ketogenik

Ebook 3 Minggu Variasi Menu Diet Keto nan Lezat khusus disajikan buat Anda

Persembahan khusus untuk Anda yang baru memulai diet Keto dan masih bingung dalam menjalankannya dan menyusun menu sehari-hari. Ebook ini disusun berdasarkan pengalaman penulis baik dalam menjalankan diet Keto ataupun memasak menu sehari-hari.  

Siomay Ayam Udang Keto

Siomay Ayam Udang Keto

Siomay Ayam Udang Keto ini tidak menggunakan tepung sama sekali alias low carb sehingga keto friendly. Pengganti tepung adalah agar-agar putih dan sebutir telur. Resepnya saya modifikasi dari resep ibu Shanti Astarini Bachmid dengan takaran kira-kira sendiri dan kulitnya saya ganti dengan kulit tahu. Rasanya ternyata enak sekali, gurih & wangi berkat bumbu ngohiong. Agar-agarnya pun tidak terasa walaupun memakai agar-agar biasa merk Swallow. Ternyata memang benar rahasianya terletak pada agar-agar yang dimasak sebentar terlebih dahulu sebelum dicampurkan ke adonan siomay. Biasanya saya menggunakan agar-agar Swallow ini langsung saya tuang ke adonan, akibatnya rasa agar-agar masih ada.

siomay-ayam-udang-keto

Ngohiong atau dikenal dengan nama “Five Spice Powder” adalah bumbu khas masakan Cina. Bumbu ini merupakan perpaduan dari 5 jenis bumbu yaitu adas, kayu manis, merica, cengkeh dan pekak. Kelima bumbu ini ditumbuk menjadi satu sehingga menciptakan wangi dan rasa yang sangat khas. Warnanya cokelat kemerahan, bisa dibeli di supermarket (biasanya merk Koepoe-Koepoe) atau di pasar tradisional yang dikemas manual.

bumbu-ngohiong

ngohiong-koepoe-koepoe

Resep Siomay Ayam Udang Sederhana Keto

Bahan siomay :

1/2 kg daging ayam giling atau cincang

1/2kg udang, cincang kasar

1/2 bagian wortel, parut halus

2 bungkus kulit tahu, potong kecil

1sdm butter

Bumbu siomay :

4 siung bawang putih, keprek dan cincang halus

1 buah bawang bombay, cincang halus

4 batang daun bawang, iris halus

1 sdt merica

1 sdm bumbu ngohiong

1 sdm minyak wijen

1 sachet diabetasol

1/2 sdm garam

1 bungkus agar-agar

1/2 gelas air kaldu

Cara membuat siomay :

  1. Tumis bawang putih dan bawang bombay dengan butter, sisihkan. Lalu aduk dengan adonan daging ayam dan udang.
  2. Bumbui adonan daging dengan merica, garam, bumbu ngohiong, minyak wijen, diabetasol dan irisan daun bawang, aduk rata, sisihkan.
  3. Campur air kaldu dan agar-agar, aduk sampai mendidih. Biarkan agak dingin, lalu masukkan ke adonan daging.
  4. Tambahkan telur ke adonan, aduk rata.
  5. Ambil 1 lembar kulit tahu yang sudah dipotong kecil, letakkan di atasnya 1 sdm adonan, rapikan dan masukkan ke cetakan kue talam. Hiasi dengan sedikit parutan wortel. Lakukan seterusnya sampai adonan habis.
  6. Kukus siomay selama 30 menit, angkat.

Bahan sambal cuka :

3 buah cabai besar

10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera

2 siung bawang putih, cincang

4 sdm apple cider vinegar

2 sachet diabetasol

Garam secukupnya

Minyak untuk menumis

Cara membuat sambal cuka :

  1. Rebus cabai besar dan cabai rawit ke dalam air mendidih (bisa ganti dengan air kaldu agar lebih sedap). Angkat cabai rebus. Jangan buang air rebusannya.
  2. Tumis bawang putih dengan sedikit minyak, sisihkan.
  3. Blender cabai rebus dengan tumisan bawang, setelah halus, masukkan air rebusan cabai sebelumnya.
  4. Tambahkan cuka apple, diabetasol dan garam.
  5. Masak sambal cuka sampai agak kental, angkat.

Siomay ayam udang dimsum ini sangat nikmat dihidangkan panas-panas dengan cocolan sambal cuka. Bila masih dalam fase induksi, tidak perlu pakai kulit. Jika tidak pakai kulit, cetakan kue talam sebaiknya diolesi minyak goreng agar tidak lengket.

 

 

 

5 Comments

  1. Membantu sekali menu-menunya, saya baru 2 bulan di keto, mudah2an lancar . Nanti resep ibu saya mau coba . Kalo bisa menu yang non baked bu di perbanyak, maklum anak kos, pakai oven saat di rumah ortu saja … :p Terima kasih sudah berbagi ya Bu. Sehat selalu buat Ibu…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ketut Mahendri
Saya Ketut Mahendri, sarjana Teknik Kimia dan ibu dari 3 orang anak. Saya praktisi diet Ketogenic, senang mengexplore berbagai masakan keto friendly yang saya tuangkan ke dalam ebook ini. Semoga ebook sederhana ini bisa membantu menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan gaya hidup sehat rendah karbohidrat/diet Ketogenic..
Ketut Mahendri
Ketofy Kitchen Owner